Mobil Listrik Hyundai E-GMP Yang Dipakai Ioniq 5 Dan Mengenal Platform Masa Depan

Hyundai Ioniq 5, kendaraan listrik yang diluncurkan di Indonesia, dirancang khusus menggunakan platform E-GMP.

Sebagai kendaraan listrik pertama yang dibangun di atas Global Electric Modular System (E-GMP), platform ini memiliki banyak fitur yang telah dirancang khusus oleh Hyundai Motor Group untuk model BEV.

Sistem E-GMP menawarkan berbagai manfaat termasuk peningkatan kelincahan, kemampuan berkendara yang kuat, peningkatan jangkauan mengemudi, peningkatan fitur keselamatan, dan ruang interior yang lebih bermanfaat bagi penumpang dan bagasi.

Selain itu, platform ini mengurangi kompleksitas yang ada melalui standarisasi dan standarisasi, memungkinkan pengembangan produk yang cepat dan fleksibel, dan dapat digunakan di sebagian besar model seperti sedan dan SUV.

Pengembangan produk yang fleksibel dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang berbeda untuk kinerja kendaraan.

E-GMP dirancang untuk meningkatkan performa menikung dan stabilitas berkendara di kecepatan tinggi.

Ini sangat penting untuk distribusi bobot yang optimal antara bagian depan dan belakang, dan desainnya juga memungkinkan pusat gravitasi yang lebih rendah karena penerapan paket baterai yang dipasang rendah dan motor listrik di ruang yang sebelumnya ditempati oleh mesin.

Platform ini menggunakan struktur pendukung yang terbuat dari baja berkekuatan tinggi untuk menahan baterai.

Komponen baja panas yang mengelilingi struktur juga memberikan kekakuan tambahan.

Bagian penyerap energi di kedua sisi bodi dan sasis didukung, yang merupakan jalur pembawa energi yang efektif, dan bagian tengah paket baterai menempel erat ke bodi, yang dapat secara efektif menyerap energi kinetik selama tabrakan.

Tak hanya itu, dengan memperkuat struktur bagian penahan beban di depan dashboard, Hyundai mampu meredam dampak energi kinetik yang ditimbulkan oleh benturan pada sistem tenaga dan baterai.

Baca Juga  Resmi Diniagakan Dengan Tampilan Khas Low Down Seat Kawasaki New KLX230R

E-GMP meningkatkan ruang interior dengan jarak sumbu roda yang panjang, bagian depan dan belakang yang pendek dan modul kokpit yang ramping.

Dengan paket baterai yang terintegrasi di bawah lantai kabin, E-GMP menciptakan lantai yang rata untuk kabin.

Ini memberi penumpang lebih banyak ruang untuk kaki, sekaligus memungkinkan berbagai pengaturan untuk kursi depan dan belakang.

Hyundai Ioniq 5 saat ini dipamerkan di IIMS 2022 di JIExpo Kemayoran di Jakarta. Pengunjung juga dapat merasakan pengalaman mengendarai Ioniq 5 secara langsung di pertunjukan tahunan ini.