Jadi Pusat Pengembangan Dan Pembelajaran SDM BUMN, Bangka Island Outdoor

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Eric Thohir terus mendorong transformasi sumber daya manusia di lingkungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Negara.

Kementerian ini mendefinisikan nilai-nilai inti perusahaan milik negara, yang meliputi andal, kompeten, harmonis, setia, mudah beradaptasi, dan berbagi, atau disingkat AKHLAK.

“Transformasi Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu inisiatif terintegrasi dalam upaya Transformasi BUMN yang dilaksanakan oleh Departemen BUMN,” kata Eric Thohir, Selasa (29 Maret 2022).

Untuk menyerap nilai-nilai AKHLAK ke dalam badan usaha milik negara, dorong dukungan untuk Induk Pertambangan Indonesia atau Mind ID.

Mind ID menginisiasi Program Terpadu untuk Keberlanjutan dan Transformasi Nilai dengan menyerap AKHLAK ke Bangka Island Outdoor (BIO), Pusat Pelatihan PT Timah, yang digabungkan dengan Pusat Pelatihan dan Penelitian Mind ID.

BIO juga mendukung visi Kementerian Badan Usaha Milik Negara untuk mentransformasikan dan memperkuat pemerintah pusat dalam rangka mengembangkan dan mengkaji nilai-nilai etika dalam arti fitrah.

Eric mengatakan: “Program yang diprakarsai oleh Direktorat Hubungan Korporat Mind ID ini dapat menjadi contoh keberhasilan implementasi program keberlanjutan dan transformasi nilai yang terintegrasi melalui penyerapan AKHLAK oleh Mind ID Group di PT Timah BIO.”

BIO didirikan pada tahun 1993 dan telah menemukan kawasan alam di bagian timur laut Pulau Banka, tepat di Dusun Air Antu, Desa Deniang, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka.

BIO adalah pusat pengembangan pelatihan milik PT Timah Tbk dan telah menjadi nosel Kandadimuka untuk industri pertambangan dan pengolahan timah di Indonesia dengan konsep belajar di alam / ruang terbuka.

BIO memiliki enam fasilitas inti berbasis alam, desa nelayan dan kawasan mangrove sebagai pembelajaran pengalaman dari asimilasi nilai Amanah.

Baca Juga  Terbaru Filma Hingga Bimoli, Daftar Harga Minyak Goreng Terbaru: Dari SunCo

Kemudian situs batu moral sebagai pintu masuk internal nilai-nilai kompeten. Marina Bay untuk nilai Harmoni, kemudian Camping Ground for Loyal, lokasi exit plaza sebagai lingkungan untuk menampung nilai-nilai adaptif, dan terakhir lokasi Kampung Melayu sebagai lingkungan untuk menampung nilai-nilai kolaboratif.

BIO telah mampu meningkatkan kapasitas dan kapabilitas ribuan SDM PT Timah, anggota Mind ID dan banyak BUMN lainnya.

Dengan atraksi alam yang unik, perbukitan, hutan, sungai, dan pantai berbatu serta dengan bantuan instruktur dan fasilitator terbaik, tempat ini telah digambarkan sebagai salah satu tempat pengalaman luar ruangan terbaik di Asia Tenggara.

Mind ID Direktur Hubungan Kelembagaan Danny Amrul Eshdan mengatakan BIO juga mendukung visi Kementerian BUMN untuk mentransformasi dan memperkuat pemerintah pusat dalam rangka mengembangkan dan mengkaji nilai-nilai etika dengan konsep fitrah.

“Seperti yang kita lakukan hari ini, kita sedang mentransformasikan AKHLAK Hill dan BIO Activation menjadi wujud nyata dari Mind ID untuk menciptakan BUMN dengan program AKHLAK dan corporate sustainability yang mengikutsertakan masyarakat,” ujarnya.