Baru Lewat Event Hetero For Start Up, Ganjar Dorong Kreativitas Dan Unicron

Gubernur Jawa Tengah Gangar Pranuo berharap acara Hetero for Start Up ini dapat membantu membawa startup lokal ke tingkat nasional bahkan memacu unicorn baru di Indonesia.

Ganjar percaya bahwa anak muda di Indonesia memiliki peluang kerja yang besar.

Hal ini terlihat dari pesatnya pertumbuhan jumlah peserta Hetero untuk Start Up Season 2.

475 peserta mengikuti event pertama, dan 1600 tim mengikuti event kedua. Artinya minat generasi muda dalam menciptakan lapangan kerja atau kesempatan kerja semakin hari semakin meningkat. Jika seseorang sebelumnya mengeluh tentang sulitnya mencari pekerjaan, saya mengatakan bahwa kami harus menyediakan pekerjaan. ”

Gangar mengatakan, insentif untuk membuat start-up lokal agar bisa dipromosikan secara nasional bahkan internasional sejalan dengan upaya pemerintah.

Dia mengatakan 40 persen anggaran saat ini diarahkan untuk belanja produk lokal. Dengan demikian, startup yang lahir dari Hetero for Start Up ini diharapkan mampu memasuki pasar e-commerce sehingga jangkauan pasarnya bisa lebih luas.

“Saat ini banyak peluang dan insentif yang diberikan pemerintah untuk mengakses startup. Hanya kepentingan pemerintah untuk memberikan pertumbuhan dan jenis usaha yang lebih beragam kepada anak muda. Salah satunya melalui Blangkon Jawa Tengah, kami akan membantu melegitimasinya. startup ini”, jelas Gangar.

Seperti diketahui, Blangkon Jateng merupakan aplikasi belanja online milik Pemprov Jateng yang memungkinkan UKM/IKM untuk berpartisipasi di dalamnya. Pemprov Jateng mengklaim, sejak diluncurkannya aplikasi pada 2021, jumlah transaksi mencapai Rp 15 miliar.

Memanfaatkan peluang yang diberikan pemerintah, serta bantuan dari berbagai program, salah satunya Hetero for Start Up, Ganjar optimis suatu saat akan muncul unicorn baru di Indonesia.

“Kita masih kekurangan pengusaha muda. Meski peluangnya besar, insentif yang diberikan pemerintah masih tinggi. Jadi harus benar-benar digunakan. Melalui Hetero for Start Up, kami berharap dapat merangsang unicorn baru di Indonesia,” kata Jangar. .

Baca Juga  Ketum DPP APDESI Yang Jadi Sorotan Karena Deklarasi Jokowi 3 Periode, PROFIL Surta Wijaya

pemenang

Pengusaha makanan sehat dari Kalimantan Selatan memenangkan kompetisi Hetero for Startup (HFS) Session 2.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ini menarik ribuan pengusaha dari seluruh tanah air.

Tambiaco adalah merek kembang gula sorgum yang dikembangkan oleh Mohamed Bayo Hermawan.

Dimulai pada tahun 2018, bisnis ini berfokus pada persiapan makanan sehat, terutama bagi penderita diabetes.

Apalagi di tengah pandemi, tren konsumsi makanan sehat semakin meningkat.

“Tambiaco itu Dayak. Artinya nenek. Sejak nenek saya dulu memberi saya sorgum, akhirnya saya beri nama,” ujarnya usai mengumumkan pemenang Hetero untuk Startup Session 2 di HeteroSpace Surakarta, Minggu (27 Maret 2022). ).

Dia mengatakan, permintaan sorgum atau lebih dikenal dengan kanthal berasal dari Kalsel.

Selain itu sorgum juga berasal dari Jawa Barat.

Permintaan sorgum 25 ton per bulan.

Katanya, “Kalau kantor kita di Jakarta Pusat. Kami berharap dengan bergabungnya Hetero untuk peluncuran di Jawa Tengah, kami juga dapat mengembangkan tanaman sorgum di Jawa Tengah.”

Selain Tambiaku, ada dua pemenang Hetero lainnya untuk Startup Session 2.

Mereka adalah Tabula yang berbasis di Jakarta, sebuah perusahaan konsultan kesehatan mental, dan Natureline, sebuah bisnis kosmetik yang berbasis di Boyolali, Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah Gangar Pranuo mengucapkan terima kasih kepada para pemenang.

Para pemenang ingin berpartisipasi dalam pengadaan barang dan jasa publik.

Beberapa berita ini tayang di Warta Kota dengan judul: Ganzhar Pranovo Ingin Startup 2 Pemenang Langsung Ikut Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.