Memahami Fotografi Digital Teknik untuk Gambar Terbaik Anda
sumber gambar : freepik.com

Memahami Fotografi Digital: Teknik untuk Gambar Terbaik Anda

Pernahkah Anda mendengar tentang “lebih dari yang terlihat”?

Dengan mata kita, kita melihat benda-benda di lingkungan kita. Namun seiring berjalannya waktu, manusia telah menemukan cara untuk melestarikan hal-hal yang sering dilihat dan dikagumi, baik itu indah maupun tidak, dan salah satunya adalah dengan menggunakan kamera.

Gambar yang ditangkap oleh kamera dapat menipu mata kita untuk melihat apa yang terjadi di masa lalu. Hati ingin hal-hal baik terjadi di masa depan.

Kamera SLR digital terlaris di pasar kamera saat ini. Ini adalah gadget modern yang merangsang kreativitas dan emosi kita.

Meskipun relatif baru, kebanyakan orang memilih DSLR karena mudah dimanipulasi. Namun, memiliki kamera ini tidak sepenuhnya menjamin bahwa setiap bidikan yang diambil akan spektakuler dan sempurna.

Berikut adalah beberapa panduan poin demi poin yang harus Anda pertimbangkan untuk memaksimalkan biaya kamera digital Anda:

1. Kesederhanaan

Perbesar area yang ingin Anda sorot. Oleh karena itu, objek atau area yang tidak relevan dapat dihilangkan atau hanya diburamkan.

2. Aturan ketiga:

Saat menangkap objek bergerak, ada baiknya untuk menangkapnya dari kedua sisi dalam bingkai tic-tac-toe imajiner.

3. Bentuk dan Garis

Tangkap garis lurus pada suatu sudut dengan menggerakkan 5-10 kaki untuk menangkap sudut.

4. Perspektif

Untuk menambah makna atau penekanan pada suatu objek, ambil foto dari sudut pandang yang rendah. Meningkatkan ketinggian objek dapat mengurangi kepentingannya.

5. Saldo

Pilih item terkuat dan gabungkan agar saling melengkapi. Namun, objek yang tidak seimbang atau asimetris secara visual lebih menarik daripada objek yang seimbang.

6. Bingkai

Anda dapat menggunakan bingkai jendela untuk menangkap tampilan luar. Anda juga dapat menggunakan pintu dan dinding bangunan untuk menangkap orang yang sedang berjalan.

Baca Juga  IPhone 12 Hingga IPhone 13 Pro Max, Daftar Harga IPhone Terbaru April 2022

7. Foto interior

Anda dapat menggunakan cahaya alami saat mengambil foto alami tanpa mengganggu konten dengan lampu kilat yang keluar dari kamera.

8. Pengaturan Kamera

Pembukaan memungkinkan cahaya masuk. Anda harus belajar mengaturnya dengan benar dan tepat agar gambar tidak terlihat terlalu terang atau kusam.

Menurunkan kecepatan rana membuat gambar lebih terpapar cahaya. Agar gambar tidak tampak buram, perlu mempelajari waktu pencahayaan yang benar.

9. Kecepatan ISO

Kamera digital memiliki sensitivitas ISO 100 hingga 800. Semakin tinggi nilai ISO, semakin besar sensitivitas kamera terhadap cahaya. Pastikan Anda sudah menguasai penggunaan elemen ini beserta aperture dan shutter speed kamera.

10. Lensa / Filter

Ada kamera digital yang memungkinkan Anda memasang lensa tambahan ke lensa utama, atau lensanya bisa diganti sepenuhnya.

Lensa dapat dikelompokkan sebagai berikut:

A. Lensa Makro – Memungkinkan Anda untuk lebih dekat dengan objek seperti serangga dan bunga

B. Lensa Sudut Lebar: Digunakan untuk menangkap landmark dan skenario besar dan lebar

C. Tele: Mengaktifkan zoom panjang yang memungkinkan Anda mendekati objek berbahaya

Di sisi lain, filter digunakan untuk:

A. Perbedaan efek gambar:
B. Potret tepi buram dengan suasana hati yang halus
C. Tambahkan sedikit cahaya untuk membuat foto lebih dramatis
D. Gambar lebih jenuh, lebih tajam, dan lebih hidup untuk mengurangi silau.

Jika Anda masih ingin memperbaiki foto yang Anda ambil, Anda mungkin dapat mengatur ulang menggunakan daftar perangkat lunak berikut:

• Adobe Photoshop
• AppleiPhoto
• Toko Cat Corel Pro
• Google Picasa
• Layar L

Setelah Anda memahami dan menguasai elemen kunci fotografi digital dan pengambilan gambar, Anda akan segera menyadari bahwa kunci untuk mendapatkan gambar terbaik adalah “Bahkan titik dan bidik kamera yang paling sederhana” dan “SAYA Kreatif”.

Baca Juga  Cara Buat NGL Link Di Instagram, Stories Anonim Yang Tren Di IG